
ALAT
|
BAHAN
|
·
Set kunci sok
·
Kunci busi ( sok )
·
Pistol udara
·
Kaca pembesar
·
Alat penyetel busi
·
Kunci momen
·
Kuas
·
Tap
|
·
Buku manual
·
Katalog busi
·
Bermacam jenis busi
·
Mobil / motor stand
|
Langkah kerja
Lepaskan
stecker busi. Jangan ditarik pada kabelnya !
Hubungan
inti arang kabel mudah terlepas dari stecker, kalau kabel ditarik.
Bersihkan
sekeliling dengan udara tekan atau kuas, untuk mencegah kotoran masuk ke dalam
silinder sewaktu busi dilepas
Lepaskan
busi dengan menggunakan kunci busi yang tepat. Perhatikan bahwa kunci yang
kurang tepat bisa mengakibatkan isolator busi pecah.
Pemasangan busi
·
Ukurlah celah elektroda dengan batang pengukur atau
fuller. Jika celah tidak sesuai spesifikasi, stel dengan membengkokkan pada elektrode
masa.
·
Pasang busi pada motor. Mulai menyekrupkan dengan tangan
kemudian keraskan dengan kunci momen. Jangan terlalu keras
·
Pasang kabel-kabel busi dan hidupkan motor sebagai
kontrol
Petunjuk
Sebelum
kondisi / penyetelan motor dapat dianalisa dengan melihat muka busi, mobil
harus dijalankan » ½ jam.
Busi biasa
harus diganti setiap » 20’ 000
km. Bila busi perlu diganti, pilihlah busi baru yang sesuai dengan buku manual
/ katalog busi. Busi yang salah dapat mengakibatkan kerusakan motor yang serius
!
Lubang
didalam torak disebabkan oleh knocking / detonasi. Hal itu dapat terjadi kalau
menggunakan busi yang terlalu panas. Perhatikan bahwa nilai panas busi sesuai
dengan katalog busi / buku manual !
* Panjang ulir harus dengan panjang lubang
busi !
* Pengerasan busi tanpa kunci momen
berdasarkan sudut putar
setelah
busi disekrupkan tanpa tenaga sampai mulai menjadi keras, selanjutnya kita
mengeraskan seperti dibawah :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar